nav tes

Kamus Tok Pisin

Monday, April 24, 2017

Waktu Lampau (Past Tense)


Dalam Tok Pisin untuk menerangkan waktu lampau dalam sebuah kalimat kita hanya perlu menambahkan kata “bin = sudah / telah” dan “pinis = selesai / habis/ sudah” serta  kata keterangan waktu, antara lain :

-          Kemarin            = asde / yestede
-          Lalu                   = las / bipo / pinis / i go pinis.
-          kembali             = bek, kambek
-          belakangan        = bipo / i go bek
-          tadi                    = bipo / las taim/ nau tasol


Contoh kalimat :
1.       Mi bin gobek long maket .
Saya sudah telah pulang dari pasar.

2.       Asde mi harim em i tok olsem yu spoilim.
Kemarin saya dengar dia mengatakan bahwa kamu kecelakaan.

3.       Yestede mi lukim em raun long dispela rot.
Kemarin saya melihat dia berjalan di jalan ini.

4.       Las wik mipela eksaminesen pinis.
Minggu lalu kami telah ujian.

5.      Tripela deis i go pinis mi kaikai tapiok.
Tiga hari lalu saya makan singkong.

6.       Aiya mi tingim bek long mama bilong mi i dai pinis.
 Astaga saya teringat kembali pada mama saya yang telah meninggal.

7.       Fopela oua bipo las taim em slip long hia.
 Empat jam tadi dia tidur disini.

8.       Faivpela deis i go bek mi ya hat long pispis.
 Lima hari belakangan saya susah kencing.


Perlu anda ketahui dan diingat bahwa, dalam bahasa Indonesia sering kita mengucapkan “sudah selesai”. Dalam tok pisin tidak demikian karna kedua kata ini mengandung makna yang sama sehingga anda hanya perlu mengucapkan “pinis”.
Hehe namanya juga bahasa Indonesia, terlalu banyak persamaan kata (sinonim) hingga orang asing pun menganggap bahwa bahasa Indonesia merupakan salah satu bahasa tersulit di dunia ini untuk dipelajari.

Sebagai contoh :

1.      Saya sudah makan
Mi kaikai pinis

2.      Saya sudah mengerjakan PR (pekerjaan rumah) saya hingga selesai.
Mi bin wokim homwok bilong mi i go pinis

3.      Saya sudah selesaikan PR (pekerjaan rumah),
Mi bin pinisim homwok.

Pada option nomor 1, jika anda hendak membuat kalimat seperti "Saya sudah selesai makan" maka anda dapat menuliskan atau menyebutnya seperti ini "Mi bin kaikai pinis", akan salah jika anda membuat kalimat "mi bin pinis kaikai". Namun akan jadi benar apabila anda menambahkan kata "long" seperti ini "mi bin pinis long kaikai", artinya sama seperti diatas yaitu "saya sudah selesai makan".


Ok! sampai disini kita telah mempelajari sedikit tentang bentuk-bentuk keterangan Waktu Lampau (Past Tense) pada tok pisin. Pada pembahasan selanjutnya kita akan mepelajari tentang bentuk waktu yang akan datang.




-Bagikan





No comments:

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda..