nav tes

Kamus Tok Pisin

Saturday, May 20, 2017

Kata Penghubung Dalam Tok Pisin


Kata penghubung adalah kata yang berfungsi untuk menghubungkan antara kata dengan kata, klausa dan klausa, serta kalimat dengan kalimat. Kata penghubung digunakan agar kalimat yang dihasilkan dapat memiliki unsur keselarasan (coherence) sehingga enak didengarkan dari segi bahasa atau penuturan.

Dalam bahasa Indonesia sendiri memiliki banyak sekali jenis kata-kata penghubung yang berbeda-beda penggunaannya, dimana tergantung konteks bacaan atau makna kalimat tersebut. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa banyak juga kata penghubung yang memiliki kesamaan makna yang terbentuk dari persamaan kata (sinonim).
Dalam pembahasan kali ini kita akan mempelajari tentang jenis-jenis kata penghubung bahasa Indonesia serta penggunaan dan artinya dalam Tok Pisin:


No Indonesia pengertian Tok Pisin
1. dan Menandai hubungan penambahan antar dua buah kalimat. na
2. serta Digunakan sebagai pendamping kalimat na
3. Tapi / tetapi Menunjukan informasi yang kontra Tasol
4. jika Menandakan sebab - penyebab Sapos
5. agar Menjelaskan sebab - akibat Olsem na
6. kalau Menjelaskan sebab - penyebab Sapos
7. bilamana Menjelaskan sebab - penyebab Sapos
8. ketika Menghubungkan kejadian diwaktu yang sama taim
9. atau Perbandingan antara dua pilihan O
10. sampai Menjelaskan sebuah konsekuensi Olsem na, long, i go long
11. lalu Sebagai pendamping antar kalimat na
12. Berikutnya Mengacu kejadian yang akan datang na
13. walau Menghubungkan dua kalimat kontra. maski, tasol
14. terus Menjelaskan langkah berikutnya na, long
15. karena Menjelaskan alasan penyebab Bikos, long wanem
16. maka menunjukan akibat long, Olsem na
17. meski Menghubungkan dua kalimat kontra maski
18. hingga menhubungkan dua kalimat searah long, i go na
19. dll, ..



Dari daftar kata sambung / penghubung pada tabel diatas, mungkin teman-teman agak sedikit bingung atau muncul tanda tanya setelah melihat beberapa arti dan pengertian dari bahasa Tok Pisin yang sama dalam beberapa kata sambung bahasa indonesia. Dalam arti satu kata dalam Tok Pisin memiliki pengertian atau makna yang cukup luas, sementara dalam bahasa indonesia sendiri memiliki devinisi kata sendiri untuk mengekspresikannya.

Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa Tok Pidgin / Tok Pisin memiliki jumlah kosa kata yang tidak terlalu banyak, sehingga untuk mengekspresikan sebuah arti kata yang mungkin dalam bahasa Indonesia sendiri hanya membutuhkan satu kata, sedangkan pada Tok Pidgin / Tok Pisin perlu menggunakan beberapa kata dalam mengungkapkan engkspresi maksud perkataan tersebut. Agar teman-teman tidak terlalu terpaku pada arti kata perkata dalam membuat kalimat-kalimat sederhana, sebagai materi tambahan, dibawah ini telah saya sajikan beberapa contoh kalimat sederhana dimana pengertiannya lebih kepada maksud atau makna kalimat, untuk menjadi acuan dalam pembelajaran bahasa Tok Pisin dengan menggunakan beberapa kata sambung / penghubung.


Silahkan klik pada salah satu kata dibawah ini,


Sampai disini kita telah mempelajari dan mengenal sedikit tentang kata Penghubung pada Tok Pisin, silahkan pindah ke materi berikutnya.



-Bagikan





No comments:

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda..