nav tes

Kamus Tok Pisin

Friday, May 26, 2017

Kata Penghubung "..Karena.." Dalam Tok Pisin


Perhatikan contoh penggunaannya dalam setiap kalimat sederhana dibawah ini.



Indonesia Tok Pisin
Mereka memanggil saya Pastor karena sewaktu lahir wajah saya mirip dengan pastor di daerah kami. Ol i kolim mi Pasto, long wanem, taim mama i karim mi, lukluk bilong mi i wankain olsem wanpela pasto bilong dispela taun.
Oleh karena itu, ia perlu melibatkan hatinya. Olsem na em i mas tingim ol dispela tok long bel bilong em.
Saat itu saya tahu bahwa ia serius dengan pelajaran Alkitabnya karena itu satu-satunya hari ia tidak bekerja. Mi save em i tingim tru Baibel stadi bilong em, long wanem, em i gat wanpela de tasol bilong malolo long wok skin.
Sewaktu pindah ke kota lain, saya merasa terhibur oleh kisah ini karena saya dapat membayangkan bagaimana perasaan Rut yang pergi ke tempat asing dan tidak mengenal siapa pun. Taim mi go sindaun long narapela taun, dispela stori i bin mekim gut bel bilong mi, long wanem, mi inap pilim tingting bilong Rut taim em i go long hap em i no save long en na em i no save long wanpela man long dispela hap.
Mereka semua berupaya keras mengikuti bimbingan Alkitab tentang uang, karena materialisme dapat mempengaruhi siapa pun. Tasol olgeta i wok strong long bihainim ol tok Baibel i kamapim long ol samting bilong mani, long wanem, pasin bilong laikim tumas mani inap kisim olgeta kain man.
Bagaimana orang Kristen dapat ”bermegah karena Yehuwa”? Olsem wanem ol Kristen inap “amamas long Bikpela tasol”?
Ternyata, pemuda itu belajar Alkitab hanya karena ingin berpacaran dengannya. Tasol bihain, dispela yangpela man i kamapim klia olsem em i stadi long Baibel bikos em i laik prenim Ratana.
Karena Allah melihat apa yang ada dalam hati kita. Long wanem, God i save lukim samting i stap long bel bilong yumi.
Saya menitikkan air mata karena saya ingin bersama mereka, tetapi gangguan kesehatan membatasi dinas saya kepada Yehuwa.” Mi save aiwara, long wanem, mi laik stap wantaim ol, tasol sik i mekim na mi no inap.”
Itu tampak mustahil bagi sang raja karena ia tidak mengetahui semua faktanya. Long tingting bilong king dispela samting i no inap kamap, long wanem, em yet i no bin lukim kain samting bipo.




Catatan : Sebagaimana telah dijelaskan pada keterangan kata penghubung diawal, perhatikan bahwa contoh kalimat-kalimat sederhana diatas, tidak diterjemahkan berdasarkan arti kata - perkata atau kalimat - perkalimat, tetapi lebih mengacu kepada pengertian maksud atau makna kalimat, sehingga anda tidak terlalu terpaku pada arti kata - perkata.



-Bagikan





No comments:

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda..